Mengenal Ikan Nila Nirwana (Nila Ras Wanayasa)

Ikan nila Nirwana merupakan ikan nila yang dihasilkan dari perbaikan genetik menggunakan metode seleksi individu terhadap jenis ikan nila Wanayasa baru dengan kelas induk dasar (Grand Parent Stock) yang layak untuk dilepas atau diperbanyak. Pada artikel paguyuban petani kali ini akan memberikan informasi mengenai informasi yang berkaitan dengan ikan nila Nirwana. Ikan nila Nirwana dikenal memiliki keunggulan pada kecepatan pertumbuhannya.

Ikan nila Nirwana merupakan ikan nila yang dihasilkan dari perbaikan genetik menggunakan metode seleksi individu terhadap jenis ikan nila Wanayasa baru dengan kelas induk dasar (Grand Parent Stock) yang layak untuk dilepas atau diperbanyak. Pada artikel paguyuban petani kali ini akan memberikan informasi mengenai informasi yang berkaitan dengan ikan nila Nirwana. Ikan nila Nirwana dikenal memiliki keunggulan pada kecepatan pertumbuhannya. Pertumbuhan dari bibit hingga memiliki bobot diatas 650 gram per ekor dapat di capai dalam waktu kurang lebih 6 bulan. Ikan nila Nirwana pun memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis ikan nila yang lainnya, sehingga hal ini juga yang menyebabkan ikan nila Nirwana memiliki tekstur daging yang lebih tebal.

 

Gambar : Paguyuban Petani

Bagi pembudidaya, ikan nila Nirwana dapar menjadi sumber penghasilan yang cukup menguntungkan. Karena atas beberapa kelebihan ikan nila Nirwana seperti yang disebutkan di atas, ikan nila Nirwana dapat di jual ke pasar lokal maupun pasar internasional. Tidak semua jenis ikan nila dapat di ekspor, dan karena ikan nila Nirwana memiliki postur tubuh, tekstur dan rasa yang disukai oleh masyarakat mancanegara. Indonesia melakuakan ekspor ikan nila ke berbagai negara, salah satunya dilakukan ke Filipina. Kebutuhan ekspornya pun masih belum tercukupi, karena di Indonesia sendiri masih kekurangan produksi ikan nila Nirwana. Hal ini terjadi karena masih sedikitnya pembudidaya ikan nila di Indonesia. Semoga dengan terus berkembangnya zaman, semakin banyak pembudidaya yang membudidayakan ikan nila Nirwana disertai dengan banyaknya pihak yang mampu untuk terus memperbaiki kualitas genetik ikan nila Nirwana. Agar kebutuhan ikan nasional dan eksport dapat terpenuhi dengan ikan nila Nirwana yang berkualitas unggul.