Memelihara Ikan Nila Sebagai Ikan Hias Kolam

Meskipun ikan nila merupakan ikan konsumsi yang enak dan sedap untuk dimakan, tetapi ada beberapa ekor ikan nila juga memiliki keindahan warna dan corak tubuh, bahkan corak warnanya juga sangat beragam dan menarik untuk dipandang , sehingga bagus juga untuk dijadikan sebagai ikan hias untuk mengisi kolam ekshibisi kita.

Meskipun ikan nila merupakan ikan konsumsi yang enak dan sedap untuk dimakan, tetapi ada beberapa ekor ikan nila juga memiliki keindahan warna dan corak tubuh, bahkan corak warnanya juga sangat beragam dan menarik untuk dipandang , sehingga bagus juga untuk dijadikan sebagai ikan hias untuk mengisi kolam ekshibisi kita. Mungkin jika kondisi rumah anda berada di perkampungan seperti di rumah saya, yang kemungkinan untuk kehilangan barang berharga sangat tinggi, maka untuk memelihara ikan yang mahal seperti jenis koi akan sangat berisiko tinggi untuk dicuri orang. Maka sebaiknya untuk ikan hias yang akan dipelihara di kolam adalah jenis ikan yang tidak terlalu berharga, atau yang tidak terlalu mengundang orang untuk mencurinya, kolam yang saya maksudkan di sini bisa jadi adalah untuk kolam yang ada di dalam rumah ataupun yang berada di luar rumah.

 

Keuntungan yang akan kita peroleh jika kita membudiyakan ikan nila sebagai ikan hias di dalam kolam ekshibisi. Yang pertama yaitu dari segi keindahan warnanya, karena ikan nila adalah jenis ikan yang memiliki keaneka ragaman warna yang sangat banyak dan warna-warna dari ikan nila juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai obat pengusir stress dan kepenatan. Keuntungan yang kedua yang mungkin bisa kita andalkan adalah dari segi nilai ekonominya, karena jenis ikan nila adalah jenis ikan yang sangat mudah untuk berkembang biak di dalam kolam budidaya, maka jika ikan yang kita pelihara tersebut sudah cukup besar maka kita bisa saja menjualnya untuk mendapatkan biaya pengganti untuk pakannya. Dan kita juga masih dapat mengembangkan anakan yang sudah ada di dalam kolam untuk dibesarkan dan dijual lagi, dan jika proses ini bisa berlangsung dengan lancar, maka bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan pemasukan yang lumayan dari proses ini, apalagi jika kolam yang kita miliki tersebut memiliki luas yang cukup. Keuntungan yang lain yaitu jika kita lebih menyukai untuk mengkonsumsi ikan nila, maka dengan memeliharanya sendiri di rumah, kita bisa memperoleh ikan nila yang lebih sehat, karena kita mengetahui dengan betul apa yang menjadi pakan dari ikan yang kita pelihara tersebut. Selain itu pasti ikan yang kita konsumsi tersebut harganya lebih murah daripada jika kita harus membelinya di pasar.

 

Sumber : https://ternakpedia.com/635/memelihara-ikan-nila-ikan-hias-kolam/