Luka Bakar Dapat Disembuhkan Dengan Kulit Ikan Nila

Selain menjadi bahan makanan, ikan nila memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Paguyuban petani, kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat ikan nila yang mampu menyembuhkan luka bakar.

Selain menjadi bahan makanan, ikan nila memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka bakar. Paguyuban petani, kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat ikan nila yang mampu menyembuhkan luka bakar. Ikan nila memiliki kandungan kolagen, dan kandungan kolagen ini dapat mendorong pertumbuhan kolagen baru di kulit yang sedang terluka.

 image

Gambar : Paguyuban Petani

Berikut beberapa faktanya :

1. Kandungan kolagen nila mirip dengan kulit manusia

Berdasarkan hasil penelitian kandungan kolagen kulit nila dapat membantu sel-sel kulit untuk meregenerasi pertumbuhan kolagen baru. Dari laporan penelitian, percobaan yang dilakukan pada seorang pria berusia 23 tahun dengan luka bakar serius, menunjukkan efek yang sangat baik. Luka bakar yang dialami pria itu perlahan mulai mengering. Kulit yang terluka akhirnya dapat ditutup kembali setelah luka bakar dibalut dengan kulit nila.

2. Kulit nila mempercepat penyembuhan luka bakar pada kulit

Kandungan kolagen yang sangat tinggi di kulit nila membantu sel membentuk sel baru. Penggunaan kulit nila untuk membalut luka bakar ternyata mampu menjaga kelembapan kulit dan mencegah masuknya bakteri.

3. Proses penyembuhan selama dua hingga tiga minggu

Proses penyembuhan luka bakar menggunakan kulit nila membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu hingga kulit mulai menunjukkan gejala penyembuhan. Kulit yang terbakar dapat pulih dan kulit masih mengandung kolagen.

4. Kulit nila membantu memulihkan kolagen dan memperbaiki kondisi kulit yang terluka

Kolagen dari kulit nila dapat membantu menyembuhkan luka bakar di kulit. Meskipun kulit nila diyakini memiliki khasiat yang dapat mengembalikan luka bakar pada kulit, kurangnya penelitian tentang hal ini membuat penggunaan kulit nila di dunia medis masih terbatas. Para ilmuwan berharap kulit nila dapat digunakan sebagai alternatif untuk penyembuhan luka bakar kulit. Jika selama ini kita mengenal nila sebagai bahan makanan, ternyata kulit ikan nila ini sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka bakar. Semoga di masa depan semakin banyak penelitian tentang manfaat kulit ini dan dapat diaplikasikan di dunia medis.