Langkah Membuat Ikan Nila Cepat Besar Dan Dapat Segera Dipanen

Didalam dunia perikanan, ikan nila merupakan ikan yang dikenal mudah untuk di budidayakan, namun pembudidaya tetap harus memperhatikan kondisi lingkungan yang ideal guna mendapatkan ikan nila dengan hasil yang maksimal.

Didalam dunia perikanan, ikan nila merupakan ikan yang dikenal mudah untuk di budidayakan, namun pembudidaya tetap harus memperhatikan kondisi lingkungan yang ideal guna mendapatkan ikan nila dengan hasil yang maksimal. Ikan nila memiliki masa tertentu sebelum pada akhrinya dipanen, yang nantinya akan berpengaruh pada proses pemasaran ikan nila tersebut.

 image

Gambar : Paguyuban Petani

Guna mengantisipasi hal tersebut, paguyuban petani kali ini akan memberikan langkah-langkah untuk mempercepat pembesaran ikan nila, yakni : 

1. Menggunakan Ikan Nila Unggul

Ada beberapa macam jenis bibit ikan nila, seperti ; JICA, Gesit, Nirwana, Jatimbulan, GIFT dan lain sebagainya. Dari beberapa jenis ikan nila tersebut, yang terbukti memiliki pertumbuhan dan produktivitas yang pesat adalah ikan nila jenis GIFT, sehingga ikan nila GIFT ini sangatlah cepat untuk dipanen.

2. Budidaya Nila Secara Monosex

Yang dimaksudkan dengan budidaya ikan nila secara monosex adalah sistem pembudidayaan ikan nila dengan cara menyatukan jenis kelamin ikan yang sama atau tidak dicampur antara jantan dengan betina. Hal ini dilakukan agar demi menghindari perkawinan antar ikan, sehingga energi ikan teralihkan ke proses pertumbuhan saja.

3. Menggunakan Benih yang Sehat

Pemilihan benih ikan nila yang sehat merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Karena dari benih yang sehat ini diharapkan mampu mengurangi resiko kematian ikan nila. Paguyuban petani akan memberikan ciri umum benih ikan nila yang sehat, yakni :

  • Ukuran dan bentuk tubuhnya terlihat seragam antara satu dan yang lain
  • Benih terlihat lebih aktif dan gesit saat berenang
  • Tidak adanya cacat maupun luka pada bagian tubuhnya
  • Tidak terjangkiti oleh virus penyakit

4. Kualitas Air Kolam

Pada proses pembudidayaan ikan nila, kualitas air sangatlah penting. Karena kualitas air ini salah satu faktor untuk menentukan laju pertumbuhan ikan nila. Kualitas air yang buruk, dapat menyebabkan munculnya zat-zat tertentu yang nantinya mampu mendatangkan penyakit pada ikan nila. Maka dari itu, sangatlah penting bagi para pembudidaya untuk selalu memperhatikan kualitas air. Berikut paguyuban petani berikan kriteria kualitas air yang baik, yakni ; Ph 6,5 – 8,6, suhu air 25-30 derajat celcius, oksigen terlarut 5 mg/l, kadar garam air 0-28 ppt, kadar amonia kurang dari 0,02 ppm.

5. Pakan Ikan Nila

Pada dasarnya, kebutuhan pakan ikan nila adalah 30% dari bobot ikan nila itu sendiri. Oleh karena itu, pembudidaya harus melakukan penimbangan ikan nila berdasarkan pengelompokan ikan nila tersebut, guna mengetahui rata-rata bobot ikan. Sehingga dari situ pembudidaya dapat menentukan seberapa banyak pakan yang harus dikeluarkan.