Kematian Ikan Nila Ketika Musim Penghujan

Dalam proses budidaya ikan nila, pembudidaya dapat saja menemukan kasus kematian ikan nila di dalam kolamnya. Hal ini dapat saja terjadi, salah satu penyebabnya adalah kematian ikan nila yang disebabkan setelah terjadi hujan. Namun kematian ini tidak semata-mata dikarenakan hujan saja, faktor pendukung lain yang membuat ikan nila tersebut dapat mengalami kematian di musim hujan. Paguyuban petani kali ini akan memberikan penjelasan yang berkaitan dengan penyebab kematian yang dialami oleh ikan nila beserta dengan solusinya.

Dalam proses budidaya ikan nila, pembudidaya dapat saja menemukan kasus kematian ikan nila di dalam kolamnya. Hal ini dapat saja terjadi, salah satu penyebabnya adalah kematian ikan nila yang disebabkan setelah terjadi hujan. Namun kematian ini tidak semata-mata dikarenakan hujan saja, faktor pendukung lain yang membuat ikan nila tersebut dapat mengalami kematian di musim hujan. Paguyuban petani kali ini akan memberikan penjelasan yang berkaitan dengan penyebab kematian yang dialami oleh ikan nila beserta dengan solusinya. Beberapa faktor yang menyebabkan ikan nila mengalami kematian dikarenakan terjadinya perubahan kualitas air yakni sewaktu-waktu tingkat keasaman air dapat meningkat disebabkan oleh air hujan, kita ketahui bersama bahwa tingkat keasaman yang terlalu tinggi akan menggangu proses pertumbuhan dan perkembangan ikan nila hingga dapat terjadi kematian. Faktor yang kedua adalah hama yang muncul semakin bertambah banyak, salah satu tumbuhan yang dapat menjadi hama adalah gulma serta sampah organik yang dapat ikut terbawa bersamaan dengan guyuran air hujan. Kurangnya pasokan sinar matahari karena terjadinya hujan juga mampu membuat ikan nila tidak terpenuhi kebutuhan untuk mendapatkan sinar matahari dengan cukup selain itu juga berpengaruh dalam proses masuknya oksigen kedalam kolam. Dan yang terakhir ikan nila mengalami stress, dikarenakan lama dan derasnya hujan yang mengguyur. Hal ini dapat berpengaruh pada psikis ikan nila, sehingga membuat ikan nila berkurang nafsu makannya dan berpengaruh juga terhadap kesehatan ikan nila.

 

Gambar : Paguyuban Petani

Untuk menangani faktor yang menyebabkan kematian ikan nila tersebut, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan atap pada kolam tempat budidaya ikan nila, sehingga mampu mengurangi atau bahkan air hujan tidak dapat masuk kedalam kolam ikan nila. Pemberian probiotik dalam perairan budidaya ikan nila juga mampu mengurangi tingkat kematian ikan nila, karena penebaran probiotik secara tidak langsung mampu membuat kualitas air tetap ideal. Penambahan vitamin C dengan takaran yang sesuai juga mampumenambah daya imun ikan nila agar dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Sedangkan untuk mempertahankan pH dalam perairan kolam ikan nila, pembudidaya dapat menaburkan garam ikan agar perairan kolam ikan nila tidak mengalami keasaman yang cukup tinggi ketika hujan datang. Semoga dengan adanya solusi yang diberikan paguyuban petani ini mampu meningkatkan kualitas dan juga produksi ikan nila.