Kelebihan Berbudidaya Ikan Nila Daripada Ikan Jenis Yang Lain

Menurut paguyuban petani, ikan nila memiliki beberapa perkembangan yang dapat dikatakan positif. Semenjak kehadirannya di perairan Indonesia, ikan nila memiliki peluang positif untuk dikembangbiakkan. Hal ini dapat terlihat nyata dengan sifat yang dimiliki ikan nila itu sendiri, yakni mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Menurut paguyuban petani, ikan nila memiliki beberapa perkembangan yang dapat dikatakan positif. Semenjak kehadirannya di perairan Indonesia, ikan nila memiliki peluang positif untuk dikembangbiakkan. Hal ini dapat terlihat nyata dengan sifat yang dimiliki ikan nila itu sendiri, yakni mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Sehingga ikan nila mampu dikategorikan kedalam ikan yang mempunyai potensi cukup tinggi di pasar di dalam negeri maupun di luar negeri. Akan tetapi masih ada segelintir masyarakat yang kurang menyadari akan adanya hal tersebut.

Gambar : Paguyuban Petani

Guna mempeluas informasi yang ada, paguyuban petani akan memberikan beberapa keunggulan budidaya ikan nila ketimbang ikan jenis yang lainnya, yakni :

Persaing Bisnis Belum Terlalu Banyak

Hal ini terjadi karena jumlah petambak yang ada masi belum terlalu banyak, sehingga setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan keuntungan dari budidaya ikan nila ini. Diimbangi dengan permintaan pasar yang tinggi juga ikut menambah peluang kesusksesan dalam berbudidaya ikan nila, karena dapat mendistribusikan dengan mudah ikan nila hasil budidayanya.

Tidak Membutuhkan Modal Besar

Membudidayakan ikan nila tidaklah terlalu membutuhkan modal yang cukup besar. Hanya saja dibutuhkan kesabaran yang cukup extra karena proses pemanenan rata-rata dapat dilakukan dalam waktu 3 bulan sekali. Namun, budidaya ikan nila sangat cocok di terapkan kepada Anda yang memiliki jumlah dana terbatas namun mengingikan hasil keuntungan yang tinggi.

Mudah Untuk Dilakukan

Langkah untuk membudidayakan ikan nila sendiri tergolong cukup mudah. Karena benih ikan nila sendiri cukup mudah ditemukan di toko ikan, dengan kualitas benih yang baik ikan yang dibudidayakan pun akan kebal dari serangan penyakit. Tidak lupa untuk memberikan pakan rutin pada ikan nila sesuai dengan bobot ikan nila yang sedang di budidayakan.

Harga Jual Ikan Yang Stabil

Pasokan ikan nila dari para pembudidaya yang mampu mencukupi kebutuhan pasar, serta diimbangi dengan kebutuhan pasar yang selalu ada. Mampu membuat harga jual ikan cukup stabil. Sehingga keuantungan yang bisa diraih oleh para pembudidaya, menjadi berlipat ganda dan jarang mengalami penurunan yang berarti.

Beberapa ulasan yang diberikan oleah paguyuban petani mengenai keunggulan budidaya ikan nila ini, semoga mampu menambah wawasan para pembaca dan mampu meyakinkan lagi para pembaca yang sudah berniat untuk memulai melakukan budidaya ikan nila.