Jenis–Jenis Hama Yang Sering Mengganggu Budidaya Ikan Nila

Beberapa jenis hama yang sering menyerang budi daya ikan nila, dan cara pengendaliannya. Dalam budidaya ikan nila, kita sering menjumpai kendala yang berimbas pada kerugian, entah itu serangan penyakit maupun hama.

Beberapa jenis hama yang sering menyerang budi daya ikan nila, dan cara pengendaliannya. Dalam budidaya ikan nila, kita sering menjumpai kendala yang berimbas pada kerugian, entah itu serangan penyakit maupun hama. Dalam budidaya ikan nila beberapa jenis hama yang sering menyerang diantaranya :

1. Hama jenis Bebeasan (Notonecta) jenis hama ini cukup berbahaya terutama pada benih ikan yang baru di tebar, hama jenis ini biasanya menyengat benih – benih ikan nila yang berimbas pada kematian. Untuk mengatasi hama jenis ini dengan cara menuang minyak tanah pada permukaan air sebanyak 500 cc / 100 meter persegi.

2. Hama Jenis Ucrit ( Larva Cybister ) hama jenis ini biasanya menjepit badan ikan dengan taringnya sampai robek. Untuk mengatasi jenis hama ini dapat dilakukan dengan cara hindari bahan organic menumpuk di sekitar kolam agar tidak mengundang hama ini berkumpul yang dapat mengganggu budidaya ikan nila tersebut.

3. Katak dalam budidaya ikan nila juga berperan sebagai hama , karena katak suka memakan telor – telor ikan nila. Untuk mengatasi serangan katak dengan cara sering lakukan pengontrolan pada malam hari terutama pengontrolan telor – telor ikan yang mengapung. Dan apabila kita temukan katak disekitar kolam maka segera kita tangkap dan kita buang.

4.  Ular dalam budidaya ikan nila juga dianggap hama karena ular sering memakan benih – benih ikan nila serta memakan ikan – ikan kecil. Untuk mengatasi hama jenis ini dengan cara ular kita tangkap dan kita bunuh, alangkah baiknya pada sekeliling kolam kita beri pagar pembatas.

5.  Burung pemangsa ikan juga termasuk hama dalam budidaya ikan nila karena burung tersebut suka memangsa ikan nila yang berwarna merah, kuning, yang kelihatan dikolam. Untuk mengatasi hama jenis ini dengan cara pada atas kolam dipasang rumbai – rumbai atau tali penghalang tujuannya agar burung pemangsa tidak dapat menerkam ikan pada kolam.

 

Sumber :  https://kabartani.com/jenis-jenis-hama-yang-sering-mengganggu-budidaya-ikan-nila.html