Ikan Nila GESIT Dan Ikan Nila GENIT

Artikel paguyuban petani kali ini akan memberikan informasi yang berkaitan dengan ikan nila GESIT dan ikan nila GENIT. Ikan nila GESIT (Genetically Supermale Indonesian Tilapia) merupakan inovasi teknologi perbaikan genetik untuk menghasilkan keturunan ikan nila yang berjenis kelamin jantan. Hal itu ditempuh melalui program pengembangbiakan yang menggabungkan teknik feminisasi dan uji progeni untuk ikan nila jantan yang memiliki kromosom YY.

Artikel paguyuban petani kali ini akan memberikan informasi yang berkaitan dengan ikan nila GESIT dan ikan nila GENIT. Ikan nila GESIT (Genetically Supermale Indonesian Tilapia) merupakan inovasi teknologi perbaikan genetik untuk menghasilkan keturunan ikan nila yang berjenis kelamin jantan. Hal itu ditempuh melalui program pengembangbiakan yang menggabungkan teknik feminisasi dan uji progeni untuk ikan nila jantan yang memiliki kromosom YY. Kromosom ini memiliki 90-100% keturunan berupa ikan nila jantan, dan memiliki pertumbuhan yang cepat (5-6 bulan), dengan berat ±600 gram.

 

Gambar : Paguyuban Petani

Oleh karena itu, proses produksi ikan nila dapat diarahkan pada produksi ikan nila berkelamin jantan untuk meningkatkan efisiensi usaha guna memenuhi permintaan pasar lokal maupun internasional. Ikan nila GESIT telah diproduksi di Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar Sukabumi yang selanjutnya dikembangkan oleh pihak swasta dan pemerintah. Untuk mengetahui peforma pada lokasi dan lingkungannya, ikan nila gesit ini terus dikembangkan secara meluas oleh masyarakat yang membudidayakannya. Penelitian tersebut dilakukan untuk mendapatkan ikan nila GENIT  (Genetically Enrichman Indonesian Tilapia). Perbedaan dari kedua ikan nila ini adalah mengenai ukuran pertumbuhannya, yakni dua kali lipat lebih cepat dari pertumbuhan ikan nila GESIT. Selain itu, ikan nila GENIT juga mampu hidup di air tawar dan air asin.