Herbal Mampu Mengoptimalkan Pertumbuhan Ikan Nila

Pemberian herbal dapat membantu meningkatkan imunitas, bobot tubuh ikan nila, meningkatkan pertumbuhan, serta dapat membantu proses distribusi ikan ke pasar. Kali ini, paguyuban petani akan memberikan informasi yang berkaitan dengan keterkaitan herbal dalam pengoptimalan pertumbuhan ikan nila.

Pemberian herbal dapat membantu meningkatkan imunitas, bobot tubuh ikan nila, meningkatkan pertumbuhan, serta dapat membantu proses distribusi ikan ke pasar. Kali ini, paguyuban petani akan memberikan informasi yang berkaitan dengan keterkaitan herbal dalam pengoptimalan pertumbuhan ikan nila. Beberapa tumbuhan herbal yang dapat dimanfaatkan untuk proses budidaya ikan nila adalah kunyit, bawang putih, cengkeh dan kayu manis. Namun dalam pembahasan kali ini, paguyuban petani akan memberikan informasi mengenai kunyit, tumbuhan ini dinilai cukup bermanfaat didalam pembudidayaan ikan nila. 

 

Gambar : Paguyuban Petani

Kunyit memiliki sifat yang dapat larut di dalam alkohol tetapi tidak dapat larut di dalam air. Kegunaannya secara umum adalah sebagai anti inflamasi dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi penyakit bakteri. Selain hal tersebut, penambahan kunyit & bawang putih mampu meningkatkan pertumbuhan dan respon imun ikan nila. Percobaan ini dilakukan terhadap ikan nila yang berukuran 60 gram yang diberi pakan pelet dan ditambahkan bubuk kunyit atau bawang putih selama 7 minggu. Ikan nila yang diberi kunyit 1% menghasilkan pertambahan bobot total 38,83 dan ikan nila yang diberi bawang putih 1% menghasilkan pertambahan obot total 34,47%.