Berbagai Macam Makanan Ikan Nila

Makanan merupakan kebutuhan pokok ikan nila, karena makanan menjadi sumber energi dan vitamin yang nantinya dapat berguna untuk proses perkembangan dan pertumbuhan ikan nila. Jika ikan nila mendapatkan makanan yang baik dan sesuai kebutuhannya diharapkan mampu menjadikan salah satu faktor penghasil ikan nila yang memiliki kualitas yang baik juga.

Makanan merupakan kebutuhan pokok ikan nila, karena makanan menjadi sumber energi dan vitamin yang nantinya dapat berguna untuk proses perkembangan dan pertumbuhan ikan nila. Jika ikan nila mendapatkan makanan yang baik dan sesuai kebutuhannya diharapkan mampu menjadikan salah satu faktor penghasil ikan nila yang memiliki kualitas yang baik juga. Berkaitan dengan hal tersebut, paguyuban petani akan memberikan informasi tentang berbagai macam makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik dan dapat dikonsumsi oleh ikan nila. Macam-macam makanan ini mencakup jenis makanan yang alami dan buatan.

Gambar : Paguyuban Petani

Berikut paguyuban petani berikan ulasannya :

Lumut : tergolong kedalam jenis pakan ikan nila alami yang mengandung banyak protein. Oleh karenanya, lumut tidak hanya dijadikan sebagai pakan alami bagi para pembudidaya. Namun karena lumut cukup mudah ditemukan sehingga sering digunakan oleh para pemancing untuk dijadikan umpan memancing. 

Sisa Nasi : memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi, sehingga mampu mempercepat proses perkembangan dan pertumbuhan ikan nila. Disisi lain, pembudidaya mampu menghemat pembelian makanan ikan nila dan lebih bisa memanfaatkan nasi yang sudah tidak dikonsumsi lagi. Pemberian pakan sisa nasi ini dapat dilakukan dengan mencampurkan sisa nasi tersebut dengan dedak atau diberikan secara langsung.

Kutu Air : adalah hewan air yang memiliki tubuh yang sangat kecil, hewan ini menjadi rekomendasi untuk dijadikan pakan ikan nila, terutama ikan nila kecil. Karena kutu air dapat membantu mempercepat pertumbuhan ikan nila. Kutu air sangat mudah ditemukan di penjual ikan hias maupun dapat dicari sendiri di sungai-sungai maupun selokan.

Daun Talas : termasuk dalam makanan alami yang dapat dikonsumsi oleh ikan nila dan memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila. Selain hal tersebut daun talas juga mampu menghilangkan tingkat ketergantungan ikan nila dengan pakan buatan seperti pelet.

Dedak : sangat baik diberikan untuk ikan nila yang masih kecil, karena bentuk dedak yang lembut dan kecil sesuai dengan ukuran mulut ikan nila yang masih kecil tersebut. Dedak cukup banyak diminati oleh para pembudidaya  karena selain memiliki harga yang cukup murah dan mudah di dapatkan juga memiliki kandungan karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

Azolla : adalah salah satu tumbuhan air yang banyak tumbuh dan tersebar di sawah. Dalam proses pemberian pakan azolla ini dapat diberikan dengan cara dipotong-potong menjadi ukuran kecil-kecil terlebih dahulu maupun diberikan secara langsung. Dan karena ukurannya yang cukup kecil, azolla sangat cocok diberikan untuk pakan ikan nila kecil.

Pelet Ikan : memiliki beragam jenis, bentuk dan ukuran. Oleh karena itu harga pelet pun bervariasi. Pelet dapat digunakan untuk pakan ikan yang berukuran kecil hingga besar. Pelet dibuat dengan  kandungan nutrisi yang sudah di sesuaikan dengan kebutuhan ikan nila. 

Ampas Kelapa : selama ini sering dianggap limbah oleh sebagian masyarakat. Akan tetapi, dibalik anggapan itu, ampas kelapa memiliki kandungan gizi berupa ; protein, serat, lemak, dan kadar air yang bermanfaat bagi tubuh ikan nila. Harganya yang cukup murah, menjadi salah satu faktor para pembudidaya untuk memberikan pakan ampas kelapa ini.

Kangkung : merupakan salah satu jenis pakan ikan alami yang mengandung cukup banyak gizi di dalamnya, seperti ; protein, karbohidrat, lemak, serat dan juga kalsium. Pemberian pakan kangkung ini dapat diberikan dengan cara dipotong menjadi kecil-kecil terlebih dahulu atapun dapat diberikan secara langsung (tanpa dipotong). 

Artemia : adalah hewan air yang sangat cocok untuk makanan ikan nila kecil. Karena bentuk hewan ini cukup kecil dan mengandung lemak serta protein  yang bermanfaat untuk benih ikan nila yang baru menetas.